Pengertian Engine

Game engine (atau singkatnya disebut engine saja di sini) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menciptakan perangkat lunak lain, dalam hal ini, game. (Ini adalah definisi saya sendiri. Jadi, maafkanlah saya jika kurang tepat.) Kita bisa menyebutnya game authoring software, game creator tool, software pembuat game, dan sebagainya. jadi mau sebut apa aja boleh deh, yang penting enak di denger sama sendiri and orang yang denger aja :p

Macam-­macam Engine

Inilah bagian inti artikel ini. Inilah daftar macam-macam game engine yang gratis dan berbayar. Sungguh saya sudah tidak sabar membeberkan bagian ini kepada Anda. Rasanya malas sekali meneruskan menulis subjudul sebelumnya. Hehehe, memang yang paling enak itu membahas langsung engine­nya. Tetapi apa boleh buat. :­D

Pada bagian ini, akan saya perkenalkan engine-engine HEBAT yang dapat menjadi contoh bagi Anda yang baru memulai. Daftar di bawah ini adalah hasil penelitian pribadi saya selama ± 2 bulan.
Saya memperolehnya dari berbagai sumber, namun yang paling banyak adalah Internet. Ingat, daftar ini tidak mutlak
dan masih ada banyak sekali engine yang belum saya ketahui di luar sana. Ini hanya daftar dari apa yang sudah saya ketahui.

Sengaja saya tulis di sini engine­engine dari dua kubu harga yang berlawanan, gratis dan berbayar.
Mengapa? Untuk menyajikan perbandingan kepada Anda agar mampu memilih yang terbaik. Langsung saja, ya?

Engine Berbayar

Untuk membuat game 3D:
1. 3D Game Maker
2. 3D Game Studio
3. DarkBASIC
4. TrueVision
5. FPS Creator
6. Blade 3D
7. Source
8. Esenthel for commercial
9. Torque 3D
10. Shiva 3D
11. CryEngine

Untuk membuat game 2D:
1. RPG MAKER VX
2. RPG MAKER XP
3. Game Maker Pro

Engine Gratis

Untuk membuat game 3D:
1. Panda 3D *)
2. OGRE *)
3. Esenthel for non­commercial
4. Unity Free Edition
5. G3D *)
6. Genesis3D *)
7. FPS Creator Free Edition
8. DarkBASIC Pro Free Edition
9. Cube 2 (Sauerbraten) *)
10. Unreal Development Kit
11. Platinum Arts Sandbox *)
12. CAST II *)
13. 3D RAD Pro
14. DX Studio
15. Blender *)
16. Angel ( ini engine­nya Nusantara Online) *) **)
17. Irrlicht *)
18. id Tech (a.k.a Doom Engine, yang dipakai membuat Doom 2) *)
19. Quake Engine (yang dipakai menggarap Quake dan Half­Life) *)

Untuk membuat game 2D:
1. RPG MAKER 2000
2. RPG MAKER 2003
3. 001 Action/RPG Maker
4. Game maker
5. 2D Fighter Maker
6. M.U.G.E.N.
7. Adventure Maker
8. Adventure Game Studio
9. Stratagus *)
10. Battle for Westnoth *)
11. RPG Studio *) **)
12. Scirra Construct*)

Legenda: *) berarti open source sedangkan **) berarti BUATAN INDONESIA.

Sumber : http://rizkiekasatria.wordpress.com/2011/04/12/pengertian-game-engine/

About iqbalsabas

Seorang mahasiswa yang sedang menggapai impian..

Tinggalkan komentar